nama Pusgrafin kini tinggal kenangan   1 comment

Dulu saat kuliah, kalau mau praktik teknik cetak, ya ke Pusat Grafika Indonesia (Pusgrafin), karena mesinnya lebih lengkap dan lebih baru dibanding fasilitas yang dimiliki kampus gw di Lebak Bulus.  Dan seiring bertambahnya (atau berkurangnya) usia, Pusgrafin pun menemui akhir hayatnya. Pusgrafin telah berpulang untuk selamanya.

Sebenarnya gw terlalu sentimental dan sedang mendramatisir suasana, karena Pusgrafin bukannnya mati, tetapi bertransformasi (seperti Megan Fox di film Transformers).  Atau bermetamorfosis dari kepompong jadi kupu-kupu? Jadi ‘apa’ sebenarnya yang mati (atau dimatikan)?  Dan digantikan oleh ‘apa’ dan oleh ‘siapa’?

Gw masih ingat bagaimana rasanya ‘sakit’ saat (ekonomi) dunia runtuh di 1998.  Dan ditakut-takuti oleh Paul Ormerod (penulis The death of economics), yang bilang ekonomi is death.  Maksud doi teori ekonomi sudah tidak dapat dipraktikan di era pasca krismon.  Segalanya telah berubah.  Segalanya perlu beradaptasi, bertransformasi atau ber-metamorfing.

Pusgrafin memang telah menjadi Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia).  Bambang Wasito Adi, Direktur Polimedia bilang perubahan dari Pusgrafin menjadi Polimedia dilatarbelakangi makin berkembangnya industri kreatif di Indonesia, yang pada tahun 2007 mampu memberi kontribusi sebesar 6,7 persen dari total pendapatan negara.  Dan Polimedia hadir guna mengisi kebutuhan industri kreatif nasional akan lulusan yang berkompeten pada tingkat diploma.  Info lengkapnya di: http://www.antara-sumbar.com/id/index.php?sumbar=berita&d=0&id=87131 (Sumber: Antara News).

Jadi, fenomena apa yang sedang terjadi?!  Grafika sudah basi??  Yang tidak basi adalah Media?!  Ilmu-ilmu grafika yang dulu pernah saya pelajari sudah ‘percum-tak-bergun’??  Yang berguna adalah tips-tips menjadi pelaku ekonomi kreatif?!  Oh, dunia memang telah beruban, eh … berubah!  Apa yang mesti kita perbuat?  Apakah saya juga harus berganti kelamin??!

One response to “nama Pusgrafin kini tinggal kenangan

Subscribe to comments with RSS.

  1. halo,
    dari blog Cyan Papyrus ini saya jadi tau bahwa Pusgrafin telah berubah jadi PoliMedia.
    saya sedang mencari short course tentang teknik penjilidan dan penerbitan buku.
    setahu saya di Pusgrafin menyediakan short course itu.
    hmm, apakah Polimedia juga menyediakan hal yg sama?
    atau ada yg punya referensi, saya bisa mengikuti course yg saya mau di mana?

    trims,

    Yenni Huang

Leave a Reply

