kena sasaran?   Leave a comment

(Tulisan Pertama dari Trilogi bertema: “Komunikasi”)

setelah perihal “saluran media” dan “pesan yg akan dikomunikasikan”, kini saatnya kita membahas hal pertama yg justru perlu dipersiapkan secara matang, yaitu “sasaran yg ingin dicapai” (objective).  obyektif, bisa juga disebut sebagai ‘alasan’ kenapa kita perlu mengkomunikasikan sebuah pesan?  apakah agar orang lain sekadar tau saja?  atau agar orang tersebut memahami manfaat dari pesan yg elo sampaikan?  atau bahkan agar orang yg menerima pesan kita mau melakukan tindakan sesuai yg kita perintahkan?

sebagai contoh kita pakai event Reuni kita, ya.

1. menciptakan awareness:  pesan yg kita sampaikan cukup berupa pemberitahuan bahwa pada “9 Mei 2010 beberapa alumni menyelenggarakan sebuah acara Reuni di kampus ATGI”.

2. membuat mereka lebih mengerti:  pesan yg kita komunikasikan akan lebih panjang-lebar.  penekanannya pada apa saja manfaat yg kita janjikan, seperti “bisa bertemu dan mengenal alumni dari angkatan lain, di ajang temu kangen lintas angkatan ini.  pasti seru dan meriah”.

3. meminta untuk bertindak:  pesan kita berupa permintaan-permintaan untuk ditindaklanjuti, seperti “pastikan datang di reuni ini!  ayo, buruan daftar sekarang juga!”.

agar pesan yg elo sampaikan berhasil mencapai objective yg diharapkan, tentukan dulu kepada siapa pesan itu ditujukan. ‘bagaimana cara penyampaian pesan’ dan ‘saluran media mana yg akan dipilih’ sangat ditentukan oleh profil orang yg menjadi target komunikasinya.  mari coba buktikan, apakah pesan kita bisa sampai tepat ke sasaran (bulls-eye !).

Advertisements

Posted 16 April 2010 by cyanpapyrus in cetakoffset

Tagged with ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: