serunya bikin poster   Leave a comment

reuni atgi cyan papyrus

dear teman-teman alumni ATGI,

sedikit cerita bagaimana proses pembuatan desain poster kedua reuni ATGI, semoga bermanfaat dan bisa jadi inspirasimu utk mempersiapkan desain-desain poster berikutnya.

judul desain poster kedua reuni ATGI 2010: C.L.B.K., Cerita Lama Bersatu Kembali

PENDEKATAN yg dipilih adalah (kata) “AKBAR” dan (kata) “BERSATU”.

Kata ‘AKBAR’ menekankan bahwa reuni 2010 adalah reuni lintas angkatan.  jika setiap tahun kampus ATGI meluncurkan rata-rata 30 lulusan dan dihitung dari 1984 hingga 2006, maka potensi alumni yg terlibat sebanyak hampir 700 orang.  jumlah yg ‘Akbar’ jika bisa terkumpul dalam satu wadah atau kesempatan.

Kata ‘BERSATU’ adalah menerjemahkan esensi dari aktivitas reuni yg berasal dari kata ‘re-union‘ (artinya: ‘Menyatukan kembali’).

IDE KREATIF yg dipilih adalah C.L.B.K.

C.L.B.K. berasal dari singkatan yg sudah popular ‘Cinta Lama Bersemi Kembali’, yg bisa diartikan bahwa sudah pernah tercipta ikatan yg kuat, lalu sempat terpisahkan cukup lama, dan kini menemukan kesempatan untuk dapat kembali ‘Bersatu’ untuk makin memperkuat rajut ikatan bathin itu.

C.L.B.K. sangat relevan dengan event reuni, termasuk reuni kita 9 Mei ini.

Kemudian singkatan CLBK disesuaikan dengan kebutuhan kita dan menjadi Cerita Lama Bersatu Kembali.  Cerita Lama Bersatu Kembali (C.L.B.K.) bisa mewakili makna kata ‘reuni’, sekaligus lebih asyik dan mudah diingat.

EKSEKUSI DESAIN (Lay-outing)

1. WARNA C.L.B.K. bagai parodi warna dari c.m.y.k. karena pengucapannya terdengar sangat mirip.

2. DOMINAN WARNA biru muda dan kuning guna makin memperkuat karakter ATGI (sesuai warna logo), bahwa event reuni ini milik para alumni dari ATGI.

3. LOGO ATGI sebagai elemen mandatory (wajib) sehingga event reuni kita memiliki identitas jelas dan resmi.

4. ANGKA-ANGKA TAHUN menggambarkan betapa ‘Akbar’-nya event kita, karena dihadiri oleh para Alumni dari berbagai tahun angkatan.  sekaligus menjadi elemen ‘visual utama’ (selain logo ATGI), background, ornamen atau pola (pattern).

CATATAN TAMBAHAN

karena pada saat pembuatan desain poster belum ada info run-down acara, sehingga tidak bisa menampilkan konten.  dengan tidak detilnya info, maka poster ini memposisikan fungsinya sebagai announcement poster dan branding poster dengan objective menciptakan semangat tinggi, melalui pemilihan kata-kata, visual serta warna.

kalo desain-desain posternya sudah seru, pasti event reuni kita lebih seru!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: