lorem ipsum   Leave a comment

pengenalan gw dengan typography, secara profesional adalah sejak 1987 saat bekerja di sebuah biro iklan, dan sorenya ke kuliah di ATGI.  jelas waktu itu belum ada komputer grafis yg sangat terkenal itu, Macintosh dari Apple, sehingga istilah kami masa itu disebut jaman batu.  untuk membuat sebuah lay-out iklan kami menyusun huruf dengan menggunakan huruf gosok, manual, pakai tangan.  produsen huruf gosok yg terkenal saat itu antara lain mecanorma dan pantone (impor) serta rugos (buatan lokal).

Serif adalah kelompok huruf yg memiliki kait dan Sans Serif adalah yg tidak memiliki kait.  dua kelompok besar ini yang membedakan ratusan, bahkan ribuan type-face (tipe huruf) hingga kini, meski varian karakternya beragam, seperti klasik, gothic, victorian, western, eastern hingga yg berwatak moderen dan futuristik.  nah, tinggal milih dari sekian banyak font koleksimu.  terasa melelahkan memang, saat memilih-milihnya.

khusus bagi para graphic designer, tipografi bukan sekadar santapan sehari-hari, bahkan mereka seperti diwajibkan untuk menciptakan sendiri tipe huruf baru.  sebuah tipe huruf yg tercipta pasti memiliki karakter yg mampu menghadirkan rasa atau mood tertentu.  membangun suasana seperti happy atau scary, formal atau casual, heboh atau kalem, feminin atau maskulin, anak-anak, remaja atau dewasa, jadul atau canggih, suasana pesta atau berkabung dan sifat-sifat lainnya.

less is more‘, adalah tips saat merancang sebuah kreasi desain visual.  semakin sedikit jenis huruf yg digunakan maka semakin kuat karakter yg bisa ditampilkan dan makin besar impact (pengaruh) yg mampu dihasilkan.  semakin banyak tipografi yg digunakan dalam satu halaman, maka semakin sulit membangun sebuah karakter atau atmosfir tertentu.  yang ada kepala pembaca jadi puyeng duluan….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: