reuni yg dinanti-nanti   4 comments

tersisa dua pekan lagi menjelang perhelatan “reuni alumni ATGI lintas angkatan 2010”.  suasana makin membara, setelah ‘dikompori’ 8 poster yg sudah online yg berbicara persuasif sekaligus provokatif.  satu kata kunci bagi keberhasilan (setiap) ajang reuni adalah:

ACARA yg seru

beberapa isi acara yg membuat event reuni sukses seperti band (musik), slide show foto-foto jadul, games hingga talk-show.  menurut gw acara yg ‘seru’ berbeda dengan acara yg ‘takkan terlupakan’.  seru karena melibatkan banyak peserta, seperti cooking competition, fun games, sedangkan yg takkan terlupakan lebih bersifat konseptual dan berdampak jangka panjang, seperti permainan make a wish atau program beasiswa.

make a wish

konsep acara tak harus formal, tapi jangan sampai tak punya bobot.  serius tapi santai, sambil bernostalgia tetapi gak basi atau garing.  make a wish adalah sebuah contoh permainan yg serius, dimana disediakan sebuah peti bersegel, lalu para alumni maupun mahasiswa ATGI memasukkan secarik kertas yg berisi harapan masing-masing dimasa mendatang, baik bagi diri sendiri maupun bagi masa depan almamater.  peti ini akan disimpan dan baru akan dibuka isinya beberapa tahun lagi, misalnya saat reuni akbar berikutnya.  acara ini diharapkan bisa menjadi pemicu semangat para alumni untuk memenuhi harapannya, seperti yg telah mereka tuliskan sendiri disana.

KONSEP reuni

meski reuni selalu diawali sebagai ajang bernostalgia atau temu kangen, namun diakhiri oleh pertanyaan jamak: “what next ?”  kebersamaan ini akan bermuara dimana?  untuk itu diawal perencanaan perlu ditentukan target tunggal (objective yg ingin diraih), misalnya: sekadar meng-update database; menghidupkan kembali IA (ikatan alumni); bikin event sesuai momentum (seperti Halal-bihalal); arisan atau cukup berupa aktivitas olah-raga rutin, seperti futsal atau mancing.  target terpilihlah yg akan dijadikan isu utama untuk disosialisasikan, dikelola lalu di-amin-i bersama.  didapatlah bentuk pengejawantahan sebuah harapan akan kebersamaan, wadah dan isinya.

krusial

Panitia akan dihadapkan masalah klasik, hal pendanaan yg berkejaran dengan waktu.  hati-hati, sport jantung bisa berakibat panitia mundur (wah, …. jangan sampai).  untuk itu kita wajib dukung sepenuhnya semangat dan niat luhur panitia.  tim solid yg diketuai bang Megi, terdiri dari bang Ossy, Taufik, Malih, Widy, Ninu, Kadir, teteh Lelly dan lainnya (maaf, penulis belum dapat susunan kepanitiaan).  maju terus, Panitia!  dan bagi para Alumni, segeralah melaksanakan registrasi.  ajak alumni sebanyak-banyaknya, sekarang juga.

referensi kreatif

beberapa blog sumber inspirasi acara reuni:  “Rahasia sukses reuni” Hendi Hendratman;  pengalaman dan pengamatan menarik ibu Edratna dan  make a wish‘ reuni alumni Karangturi Semarang.

Advertisements

Posted 27 April 2010 by cyanpapyrus in cetakdigital

Tagged with , ,

4 responses to “reuni yg dinanti-nanti

Subscribe to comments with RSS.

  1. Setahun yang lalu saya kejakarta menemui beberapa teman angkatan 86, pada intinya keinginan teman2 untuk ngumpul sangat tak terbendung, saya minta ossy dan megi melalui telpon untuk berkoordinasi dengan teman2 dijakarta..yang pada akhirnya diadakan pertemuan di rumah ibu murni, dan berlanjut ke kampus. Ngumpulbanyak orang bilang hanya mengabiskan waktu saya, namun sebuah tali silahturami tetap harus utuh, reuni harus bisa mewujudkan benang merah tali silahturami, ikut memikirkan kondisi kampus dan juga memikirkan teman2 yang kurang bernasib baik… Semoga setelah bubaran 9 mei nanti kita dapatmenambah saudara dan menambah link2 usaha dan membawa pulabg cerita bahagia ditangah keluarga kita….semoga!!
    Selamat bekerja panitia…syahbas selalu . .

  2. Pastinya harapan kita semua, tetap menjaga tali silaturahim…..
    Kira-kira bisa hadir ga nih yang BATAM THEA….????
    Good luck Panitia….

  3. @Retno Widiarti: trimakasih ijin pake Logo reuninya.
    “berlatarbelakang hitam agar c.m.y.k. bisa ditampilkan sekaligus bermakna universal (lintas angkatan)”, begitu penjelasan Widi, ibu dari logo tersebut.
    (kalo CP bapaknya pasti dominan gen cyan. …. untung bukan). nice logo, Widi!

  4. Salut kepada seluruh Panitia Reuni
    yg dalam waktu singkat (kira2 3 bulan) bisa mewujudkan acara yg tertata rapih. dari semua sisi, mulai registrasi, pembagian nametag, kupon door-prize, foto per orang, acara, konsumsi, bahkan pulang masih dikasih souvenirdoor-prize yang menarik. intinya, ok banget! seluruh peserta kelihatan happy ketemu teman2 lama, bahkan yg sudah sepuh2 tapi masih semangat. mudah2an tali silaturahmi ini tidak terputus dan akan terus terjaga. amin.
    terima kasih Panitia dan teman2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: