dimana konsep kreatifnya?   1 comment

jika elo mendapat order untuk mendesain sebuah logo, langkah pertama apa yg bakal elo ambil?

mengambil secarik kertas dan mencorat-coretkan pensil untuk menciptakan sebuah simbol?

membuka semua folder font koleksimu dan mulai memilih-milih font-font yg sesuai karakter tertentu?

browsing aikon-aikon gratisan di portal atau situs internet?

atau cukup dengan bereksperimen warna pada font favoritmu?

bagaimana dengan kegiatan mengkonsep, sebelum melakukan hal-hal di atas?

apa definisi dan peran sebuah konsep?  bagaimana membuat sebuah konsep?

sebelum membahasnya lebih lanjut, karena konteksnya adalah pekerjaan di bidang seni grafis dan komunikasi pemasaran (marketing communication), maka konsep yg gw maksud disini adalah konsep kreatif.

salah-satu manfaat utama hadirnya sebuah konsep kreatif adalah lebih mempersempit dan mempertajam ruang gerak orang-orang kreatif, sehingga proses pencarian ide kreatif menjadi lebih ringkas (efisien) dan terfokus (efektif).  jadi, salah-satu fungsi konsep kreatif adalah memberi arahan (direction) yg sangat jelas dan tepat pada sasaran (yg ingin dicapai) untuk melangkah ke tahapan kreatif berikutnya, yaitu mencari ide kreatif.

mencoba menggunakan poster reuni sebagai contoh, antara konsep kreatif dan ide kreatif, gw memilih poster “Johann Gutenberg”.  ide kreatif yg dipilih Ahmad Fajar adalah menampilkan Johanes Gutenberg, bapak grafika, sebagai sumber inspirasi dan motivasi alumni ATGI untuk berkreasi dan berinovasi.  ide atau gagasan tersebut bersumber dari konsep kreatif yg ditentukan sebelumnya oleh Fajar (angkatan 87).  menurut gw konsep yg diusung Fajar adalah memompa lagi semangat para alumni yg hampir padam, mengangkat kembali citra almamater yg terus memerosot.

konsep tersebut jelas memiliki misi dan visi kuat.  hal ini diamini oleh salah satu peserta reuni tertua, bapak Sa’at (alumni 68).  jadi, sebelum Ikatan Alumni baru terbentuk, sebaiknya segenap alumni terinspirasi dan termotivasi oleh pelopor grafika Johanes Gutenberg, termasuk pelopor alumni ATGI seperti pak Sa’at dan para senior lainnya, yg tetap menyimpan gairah tinggi serta mematri kebanggaan terhadap almamater tercinta di dalam dada.

pembahasan tentang pembuatan konsep kreatif is to be continued.

Advertisements

Posted 13 May 2010 by cyanpapyrus in cetakoffset

Tagged with , ,

One response to “dimana konsep kreatifnya?

Subscribe to comments with RSS.

  1. dalam pembuatan poster reuni ini saya, terus terang memang cukup sulit dan belum puas, alias ngga klimaks.
    semoga cukup menjadi dasar pemikiran kita bersama, karena berapa kali saya mencoba untuk mencari, apa sih sebenarnya yg pas dan kuat, dapat dijadikan pemicu semangat para alumni ATGI, sebagai rasa kebersamaan dan memiliki tanggung jawab untuk membangun kembali citra grafika (almamater) yg hampir padam, dan terus merosot ini….?
    akhirnya aku temukan image yg paling cocok, yg dapat memberi inspirasi & motivasi kita, yaitu dengan menampilkan kembali sosok pejuang grafika, penemu mesin cetak pertama, yg dapat membuat cetakan dalam jumlah banyak…
    pastinya teman semua ingat bukan, dengan BAPAK Johanes Gutenberg?!
    maka turut berbanggalah anda, karena secara tidak langsung telah turut memajukan pengetahuan dunia informasi di dunia ini… hanya masalahnya adalah bagaimana jangan sampai almamater tertinggal jauh… dari pendahulunya….
    (bersambung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: