kenapa harus diganti?!   3 comments

ya, kenapa logo Metro TV harus diubah?  apakah logo sebelumnya sudah tampak kurang menarik?  ataukah ada seorang perancang grafis yg berhasil merayu bos Media Group?  atau Metro TV berubah dari tivi berita menjadi tivi khusus potitik atau segmen enterpreneurship?

menurut gw perubahan logo Metro TV adalah wajar, mengingat usianya yg melewati satu dekade hadir mengisi ruang keluarga sebagai stasiun berita.  tentunya dalam 10 tahun beberapa peristiwa telah terjadi dan membawa pengaruh serta menuntut adanya suatu perubahan.

yg sedang diubah oleh Metro TV sebenarnya adalah wajah baru stasiun berita tersebut.  dibalik perubahan wajah mungkin mereka sedang melancarkan strategi baru.  konsep yg lebih baik dan menyesuaikan dengan perubahan jaman.  10 tahun lalu pemirsa hanya mengenal satu stasiun tivi berita, tidak ada lawan sepadan.  nah, agar perubahan misi dan konsep tersebut dapat dirasakan oleh penonton setia dan para klien (advertiser), salah-satunya adalah perubahan wajah, melalui desain logo barunya.  kepala burung elang yg tadinya menghadap datar, menjadi lebih mendongak seperti akan terbang.

“Metro TV tampil lebih matang dan lebih baik”, ujar Presiden Direktur Metro TV Wisnu Hadi, yg mewakili peluncuran logo baru Metro TV.  acara launching wajah baru yg bertajuk “Bangkit Bangsaku” digelar di Grand Studio Metro TV (20/5), bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

sumber: ‘Wajah baru Metro TV maknai kebangkitan nasional’ (Din/S-1, Media Indonesia 21 mei 2010)

berikut tulisan Edi Ginting (di metrotvnews.com) tentang wajah baru Metro TV:

Ada yang berubah di layar Metro TV sejak tadi malam.  Logo Metro TV mengalami perubahan. Memang sih, tidak terlalu jauh berubah. Dari segi warna, tetap biru dan kuning. Gambar kepala burung juga tetap ada, walau kali ini terlihat lebih sedap untuk ditatap.  Perubahan yang kentara barang kali dari pemilihan font yang lebih modern dan futuristik. Bentuknya juga terkesan lebih simpel karena tidak ada lagi bayangan seperti pada logo yang lama. Kalau memang tujuan perubahan untuk menciptakan wajah baru, setidaknya sudah berhasil dilakukan dengan perubahan logo Metro TV tersebut.

Namun, ternyata tidak hanya logo yang berubah. Penempatannya juga tidak lagi di pojok kanan atas layar TV. Tulisan Metro TV kini ‘ditempel’ di kanan bawah layar TV. Dan, tampaknya Metro TV kini menjadi satu-satunya TV di Indonesia yang meletakkan logo di pojok kanan bawah layar kaca TV.  Memang, untuk tingkat dunia, tercatat banyak stasiun TV yang melakukan hal yang sama. Tapi, setidaknya untuk ukuran Indonesia, Metro TV berani untuk tampil beda.

Dengan adanya posisi baru itu, tentu harus ada penyesuaian. Misalnya saja, penempatan CG atau teks yang biasanya berisi nama, jabatan, atau keterangan berita yang sedang on air, harus menyesuaikan dengan penempatan logo Metro TV tadi. Kalau tidak, tentu nanti akan saling tabrakan. Bagusnya, Metro TV sudah mengantisipasi ini dengan mengubah semua templete CG program reguler mereka. Bahkan, CG-CG Metro TV yang baru tadi terlihat lebih cantik, dinamis, dan lebih modern daripada yang lama. Walau memang harus diakui, bentuknya terkesan mirip dengan CG sebuah TV berita asing.  Tapi, itu tentu tidak masalah, karena yang penting, penonton akan mendapatkan sebuah pemandangan baru yang lebih segar saat menonton Metro TV.

Penyegaran juga diikuti dengan perubahan bumper-bumper acara berikut firtual program reguler.  Harus diakui, perubahan bumper memang tidak bisa langsung menarik perhatian, sebab orang sudah terbiasa melihat bumper program Headline News atau bumper Metro Hari ini, ya seperti yang sudah-sudah. Mendengar suaranya saja, orang sudah tahu itu program apa. Nah, untuk yang baru itu, tentu butuh waktu agar penonton menjadi terbiasa. Namun, dari segi perubahan, bumper-bumper baru tadi terkesan lebih menarik.  Sekilas mirip bumper program di CNN yang banyak pendek-pendek dan hanya permainan grafis.

Masih banyak perubahan lain yang dilakukan. Semua bertujuan untuk menguatkan kembali brand Metro TV sebagai stasiun TV berita pertama di Indonesia, dan tercepat dan terakurat dalam memberitakan…

Sekali lagi, selamat untuk Metro TV dengan wajah barunya…

Edi Ginting

Advertisements

Posted 24 May 2010 by cyanpapyrus in cetakoffset

Tagged with , , ,

3 responses to “kenapa harus diganti?!

Subscribe to comments with RSS.

  1. Selamat buat Metro TV atas launching logo barunya,
    bertepatan dgn hari Kebangkitan Nasional. bangkit pula Metro TV…!
    and, terus kapan ATGI punya logo baru nih? heheheee…
    biar bisa bangkit lagi, dan nama ATGI terus menggema ke seluruh INDONESIA…!

  2. Logo baru ATGI. bangkit dan bergema…. Amiiin.

  3. Pingback: 2010 in review « Cyan Papyrus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: